Untuk Kepentingan Umum

Gebyar UKM Milenial 2019, Kemenkop Gratiskan Biaya Sertifikasi Produk UMKM 

Mejelaskan : Asisten Deputi Standarisasi dan Sertifiksi Kementerian Kopersi dan UKM Siti Damawasita menjelaskan program strategis Kementerian Koperasi dan UMKM, Rabu (13/11/2019) di Lapangan A Yani.    

 

TANGERANG– Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tangerang menggelar Gebyar UKM Milenial 2019. Bertempat di Lapangan A Yani, acara yang digagas Koperasi Cibodas Jasa (Ciboja)  hingga 17 November ini menampilkan ratusan produk UMKM dari 13 Kecamatan  se Kota Tangerang.

Asisten Deputi Standarisasi dan sertifiksi Kementerian Kopersi dan UKM Siti Damawasita menjelaskan, perkembangan UMKM saat ini harus berubahan. Khususnya dari sisi pemanfaatan teknologi untuk menghadapi era industri 4.0 dan menjaring pembeli dari generasi milenial. “UMKM harus berubah dan menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Karena saat ini pembelinya kebanyakan generasi milineal dan melek teknologi, “ucapnya, Rabu (13/9/2019).

Siti mengatakan, pihaknya telah menyiapkan lima program strategis untuk mendorong pelaku UMKM naik kelas menjadi usaha kecil. Antara lain memperbesar akses pasar di dalam maupun di luar negeri, peningkatan kualitas produksi dan inovasi untuk meningkatkam daya saing, skema pembiayaan poduksi yang tepat, penambahan kapasitas menejemen, pemberian kemudahan dan kesempatan dari koperasi dan UKM. Selain itu, standarisasi dan sertifiakasi produk menjadi perhatian utama pihaknya agar pelaku UMKM dapat  naik kelas. “Sertifikasi akan diberikan oleh kemeterian secara gratis. Ini merupakan wujud perlingungan dari pemeritah,” tambahya.

Data yang diperoleh secara nasional, saat ini tedapat 63,5 juta usah mikro,  783.132 usaha kecil dan 60.702 usaha menengah.

Kepala Dinas Koerasi dan UKMKM Kota Tangerang Teddy Bayu Putra mengatakan, kegiatan tersebut merupakan yang pertama dilaksanakan secara mandiri oleh komunitas koperasi Ciboja.  Adapun tujuannya, membantu pelaku UMKM mempromosikan produknya. “Saat ini ada 4.800 UKM yang aktif di Kota Tangerang. Ini yang kita dorong agar geliat ekonomi masyarakat bergerak di Kota Tangerang,” ujarnya.

Teddy mengaku, saat ini tengah mempersiapkan formula untuk membantu pelaku UMKM dari sisi permodalan. Salah satunya bekerja sama dengan Bank Jabar Banten untu penyaluran kredit tanpa bunga. “Rencananya bulan depan akan dilaunching,” pungkasnya. (panda)

Golkar Kota Tangerang
Berita Lainnya