Komunitas Disabilitas Kota Tangerang Dapat Pelatihan Sablon

oleh -

 

Komunitas disabilitas Kota Tangerang mendapat pelatihan sablon dari Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang, bekerjasama Paperta (Pengusaha Percetakan Tangerang), dan Kokita (Koperasi Kita Karawaci).

Kegiatan dilaksanakan di Kube Disabilitas Mandiri Cikokol, Kecamatan Tangerang, Minggu (24/11). Kurang lebih 20 orang disabilitas mengikuti kegiatan tersebut.

Nampak mereka antusias mengikuti pelatihan yang dibimbing instruktur. Di antaranya oleh Utaryana dan Silananda dari Tuman Jasa. Satu persatu peserta mempraktikan membuat sablon.

Staf Perencanaan pada Dinsos Kota Tangerang Arif Rahman mengatakan, dengan diberikan pelatihan menyablon maka keterampilan mereka meningkat. Mereka juga agar tetap semangat menjalani hidupnya. “Karenanya Pemkot Tangerang melalui Dinsos terus mendorong program-programnya,” katanya.

Ketua Komunitas Disabilitas Kota Tangerang Subandi H.Bonmat mengungkapkan dengan mendapat pelatihan ini mereka diharapkan bisa hidup mandiri dan sejahtera. “Kemudian dapat menaungi keluarganya,” katanya

Subandi mengungkapkan, banyak kaum difabel yang tidak diterima masyarakat dalam bekerja. Itu karena faktor pendidikan dan usia. Sementara mereka juga nemiliki keluarga.

Silananda dari Tuman Jasa beralasan memberikan pelatihan bagi kaum difabel inu untuk membantu mereka. Itu lantaran mereka sulit mendapat pekerjaan. “Yang diajarkan tentunya tak soal menyablon tapi juga pemasaran nanti,” katanya.

Lewat brand lokal Tuman Jasa ini nanti karya sablon mereka dipasarkan ke masyarakat. Sementara dalam brand ini yang dibahas soal isu-isu dan sejarah Kota Tangerang.

Salah satu peserta, Rusmiati Palancoi, merasa senang dengan diikutsertakan pelatihan ini. Sehingga dirinya optimistis bakal membuka usaha sablon. “Saya berharap pelatihan diadakan jenis berbeda,” katanya.(setia)

Share this...
Print this page
Print