Untuk Kepentingan Umum

Ini Mekanisme Pemesanan Ojol Urus Adminduk Via Program Sianduk

27

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel menggandeng Ojek Online (Ojol) untuk mempermudah masyarakat mengurus administrasi kependudukan (Adminduk).

 

Sistem Antar Dokumen Kependudukan (Sianduk) dianggap menjadi solusi untuk masyarakat dan juga perekonomian para pengemudi ojek di masa pandemi Covid 19.

 

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Tangsel Heru Sudarmanto mengatakan, ada mekanisme yang perlu diketahui oleh masyarakat untuk menggunakan ‘Sianduk’.

 

Kata dia, data warga yang akan diurus harus melewati verifikasi petugas kependudukan di kantor kelurahan masing-masing.

 

“Jika berkas persyaratan tersebut telah lengkap, petugas kependudukan akan menawarkan kepada pemohon, diantar melalui petugas kelurahan atau Ojol. Kalau diantar menggunakan Ojol, pemohon wajib memesan pengantaran ojol tersebut didepan petugas kependudukan di kelurahan, jadi tidak bisa pesan antar dari rumah,” kata Heru di kantornya, Jumat (23/10/2020).

 

Kemudian, Heru menjelaskan, jika proses di Dukcapil telah selesai, pihaknya akan menginformasikan kepada pemohon melalui pesan singkat.

 

“Jika di awal pengantaran berkas kependudukannya melalui Ojol, pengiriman dokumen kependudukan yang telah selesai diproses, harus melalui Ojol juga. Untuk pwngambilan dokumen baru bisa pesan Ojol dari rumah, tidak perlu lagi ke kelurahan,” jelasnya.

 

Dia menuturkan, setelah berjalan hampir dua minggu, pihaknya baru menerima sebanyak 10 dokumen per hari yang dikirim oleh Ojol.

 

Kita sudah jalan hampir dua minggu. Per harinya baru sekira 10 dokumen yang dikirim dan diantar oleh ojol. Kita masih terus sosialisasi kepada masyarakat, melalui petugas-petugas kita di kelurahan. Semoga, dengan Sianduk ini, kita bisa membantu semua pihak, terlebih kemudahan kepada masyarakat,” pungkas Heru.

 

Sementara, salah seorang pengemudi ojol Febrianto mengungkapkan, dengan adanya Sianduk, dirinya merasa terbantu, lantaran sepinya orderan penumpang dan makanan di saat Pendemi seperti saat ini.

 

“Sehari ada aja sih yang minta diantar atau minta diambil datanya. Ya, ngebantu banget, kan orderan makanan dan penumpang masih sepi. Jadi dengan adanya sistem yang dibangun oleh Disdukcapil Kota Tangsel, bisa membantu dapur tetap ngebul,” tandas Febri usai mengantar dokumen di kantor Dukcapil Tangsel. (ari)

Golkar Kota Tangerang
You might also like
Loading...