Untuk Kepentingan Umum

Transaccount Membangun Kompetensi BUMDES dan UKM

26

Sudah menjadi rahasia umum bila masih banyak Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang bermasalah mengenai sistem pelaporan keuangan. Padahal, membangun sistem pelaporan keuangan yang baik dan transparan merupakan bentuk pertanggungjawaban pihak BUMDes pada masyarakat.

Atas dasar pemikiran itu, Denny Syahdana Syarief, seorang praktisi Teknologi dan Informasi, mencoba menawarkan sistem pelaporan keuangan untuk BUMDes dan UMKM yang diberi nama “Transaccount”. Bahkan ia pun menggelar pelatihan gratis untuk perdana dengan peserta pengurus BUMDes dan pelaku UMKM di Bogor.

“Saya mencoba memberikan solusi terhadap kerumitan sistem pelaporan keuangan dan akuntansi yang selama ini menjadi kendala bagi teman-teman BUMDes maupun UMKM,” ujar Denny yang juga Ketua LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) Kabupaten Bogor.

Dengan sistem Transaccount ini, kendala kerumitan itu sudah hilang. Sistem ini dirancang agar dapat digunakan oleh orang yang tidak harus memiliki background pendidikan akuntansi. Setelah mengikuti training sekali, maka siapapun bisa membuat laporan keuangan secara baik,” jelasnya.

Ditambahkan Denny, laporan keuangan BUMDes merupakan hal yang sangat penting dan tentunya diperlukan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan usaha BUMDes tersebut dari waktu ke waktu. “Kita harus punya komitmen untuk membangun BUMDes yang profesional, kuat, dan tranparan,” tandas Denny.

Sementara salah seorang peserta training, Aru Wijayanto mengungkapkan, sistem Transaccount ini bukan sekadar kebutuhan, tapi juga merupakan salah satu modal besar bagi para pelaku usaha (UMKM) maupun BUMDes dalam rangka mengembangkan bisnisnya.

“Laporan keuangan merupakan cermin bagi usaha itu sendiri. Bagi saya, Transaccount ini sangat membantu untuk pelaku UMKM maupun BUMDes karena proses pengerjaannya tidak rumit, namun dapat menghasilkan laporan keuangan yang memenuhi standar akuntansi,” jelas Aru, pengurus Yayasan Putra Bangsa Bogor Raya ini.

Masih menurut Aru, yang juga penggagas Sekolah Antikorupsi Tangerang ini, sistem Transaccount merupakan anak tangga yang tepat bagi pelaku UMKM dan pengelola BUMDes bila ingin membangun laporan keuangan yang transparan dan akuntabel. (aru)

Golkar Kota Tangerang
You might also like
Loading...