Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Berikan Pelatihan, Dosen Unpam Kasih Trik Website Bisa Berkembang

Dosen Universitas Pamulang (Unpam) melaksanakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) sebagai salah satu bentuk kewajiban Tri Dharma Universitas. Jadi, dosen bukan hanya mengajar, tapi juga meneliti serta mengabdi kepada masyarakat.

Maka itu, pengajar dari Unpam menyelenggarakan seminar di Kelurahan Pondok Pucung, Kecamatan Pondok Aren. Kegiatan tersebut mengandeng Organisasi  Anak Rimba Bintara (Arimbin). Bertempat di Sekretariat Arimbin puluhan anak-anak muda tampak antusias mengikuti seminar yang mengangkat tema “Pelatihan Pengenalan SEO (Search Engine Optimation), Pemanfaatan SEO Untuk Meningkatkan Penjualan Online.”

Salah satu narasumber Ibrahim Bali Pamungkas. S.T., M.M., M.Kom menjelaskan SEO atau Search Engine Optimization adalah suatu teknik untuk memaksimalkan nilai relevan halaman website agar meningkatnya ranking dan pengunjung dari Search Engine Google

“Teknik SEO bukan ilmu yang bisa kita dapatkan di jenjang pendidikan formal. Teknik SEO harus dipelajari secara otodidak (dipraktikan) dan berkelanjutan (update teknik terbaru), dan perubahan yang terjadi di profesi SEO sesuai dengan aturan-aturan terbaru yang ditetapkan oleh Google,” terangnya

Ia menjelaskan, mengapa belajar SEO dengan Google menjadi patokan?, karena Google mempunyai market pengguna lebih dari 90% dibandingkan Search Engine lainnya seperti Yahoo, Bing, Baidu, Yandex di Indonesia. Google menguasai hampir mayoritas mesin pencarian di seluruh dunia kecuali China. Dimana dengan mengakusisi banyak website dan OS seperti Android, pastinya mesin pencari Google tetap akan digunakan sebagai Search Engine yang utama.

“Bila anda memiliki website bisnis seperti jualan online, berita, jasa, dan lainnya, ada baiknya anda juga mempelajari apa itu SEO. Karena website bisnis online dan SEO bila disatukan maka hasilnya akan lebih maksimal, lain halnya bila anda hanya mengandalkan website tanpa SEO,” terangnya.

Banyak sekali manfaat SEO, diantaranya website menjadi ramai dengan pengunjung tertarget kata kunci, pelanggan terus berdatangan.  Secara tidak langsung meningkatkan pendapatan sebagai publisher. Cache penulusuran di search engine menjadi yang paling utama, bisnis di dalam website menjadi berkembang, penjualan produk akan semakin meningkat, adanya timbal balik ke website affiliate produk dan lain sebagainya.

Sementara itu, dosen sekaligus pembina Komunitas Arimbin, Imbron. S.E., M.M., C.STMI mengatakan, teknik SEO sebenarnya banyak memberikan dampak positif bagi para pemilik website atau blog. Contohnya website affiliate ditambah dengan teknik SEO maka akan meningkatkan penjualan produk affiliate. Adapula website jualan online dipadukan dengan SEO maka pengunjung meningkat, sama dengan penjualan akan semakin meningkat.

“Lainnya anda dapat melihat website berita atau informasi tips, trik, tutorial bila ditambah dengan SEO maka pengunjung website akan lebih tertarget dan website semakin meningkat aktifitas pengunjungnya,” terang Imbron. (rls)

Berita Lainnya
Leave a comment