Untuk Kepentingan Umum

Dosen Unpam Ngasih Kisi-kisi Hasilkan Cuan Besar jadi Konten Kreator

Dosen Universitas Pamulang (Unpam) bikin seminar di SMK Via Medika, Jalan W R Supratman, Cemp. Putih Kecamatan Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan dengan tema “Agile dan Prolific di Masa Pandemi Covid-19”, Kamis,  9 Desember 2021.

Salah satu pemateri, Rahadyan Tajudin mengatakan, pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak kepada sektor ekonomi, tetapi juga berimplikasi pada pola pembatasan sosial yang menghambat pengembangan agile dan prolificdi lingkungan masyarakat.

“Sebetulnya banyak hal yang dapat dilakukan menjadi kreatif dan produktif. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan agar dapat kreatif dimasa pandemi adalah seperti membuat podcast, berkebun di rumah, mengikuti web binar, bisnis online, dan vlogger.  Ini peluang bisnis bagi kalangan muda yang punya kreatifitas tinggi,”paparnya

Ia mencontohkan channel youtube yang didominasi anak muda. Kontennya seperti mengcover lagu, membuat video tutorial, dan lain-lain. Konten creator yang menarik biasanya jumlah viewer(penonton) dan subscriber(istilah pengikut diyoutube) sangat banyak. Ini mempengaruhi penghasilan seorang konten tersebut.

“Konten kreator terbesar di Indonesia seperti Baim Wong dan istrinya Paula Verhoeven lewat akun Baim Paula menjadi youtuber dengan penghasilan 59.300 dollar AS hingga 949.100 dollar AS per bulan. Tingginya uang yang didapat dari Youtube bikin membuat masyarakat bikin konten yang bagus, dengan kamera yang bagus, audio yang bagus, dan editor yang bagus,” terangnya.

Masyarakat mulai sadar bahwa dengan mempelajari perkembangan digital, khususnya media sosial lantaran dapat membuka peluang yang lebih besar. Hal ini harus dimanfaatkan dengan baik, ditambah lagi dengan adanya ide konten kreatif bukan tidak mungkin dapat menghasilkan penghasilan yang besar hanya dari rumah.

Siswa kelas II Salwah Salsabila menyambut baik kegiatan yang diadakan dosen Unpam. Ia mengaku mendapatkan wawasan baru dengan adanya acara tersebut lantaran banyak mengupas tentang bisnis digital yang kini tengah ramai. (rls)

 

Berita Lainnya
Leave a comment