Untuk Kepentingan Umum

Pantau Kualitas Udara DLH Kota Tangsel Uji Emisi Secara Berkala

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Selatan mengadakan uji emisi di beberapa tempat, akhir Agustus lalu. Uji emisi dilakukan guna mengetahui tingkat kesehatan mesin dan performanya. Juga  pengujian kualitas udara harian, dan perhitungan volume kendaraan lalu lintas. Bekerjasama dengan Dinas Perhubungan dan Polres Tangsel mengadakan di Taman Kota I, Serpong, Selasa, (30/8).

 

Kabid  Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan Carsono mengatakan, uji emisi guna memastikan keadaan kendaraan yang ada apakah masih memenuhi standar apakah harus dilakukan perbaikan.

 

Untuk kendaraan tak lolos uji emisi, kata Carsono, diberkan saran servis ke bengkel agar menghindari terjadinya polusi udara seperti Co2 ,(karbon dioksida), Co (karbon Monoksida), Hc (Hidro Karbon), Pb (Tibal), Sox (oksidasi belerang BBM), NOx Oksidasi Nitrogen), Pm 10 (Partikel Karbon padat). Semuanya menimbulkan racun karena kendaraan yang menghasilkan polusi akan merugikan masyarakat.

 

“Targetnya ada 600 kendaraan diperiksa. Alhamdulillah tercapai artinya kesadaran masyarakat akan kesehatan lingkungan sangat bagus ,kami lakukan pengujian enam bulan sekali. Saya berharap masyarakat yang belum uji emisi kendaraan segera datang demi kenyamanan bersama,”tambahnya.

 

Tak hanya di Taman Kota I, uji emisi dilakukan di Boulevard Bintaro Jaya, tepatnya di sebelah Gedung Indy Bintaro, CBD Sektor 7, Rabu, 31 Agustus 2022. Uji emisi  berlangsung di tiga wilayah, yaitu Bintaro, BSD, dan Alam Sutera, sebagai pusat-pusat tersibuk area pemukiman dan perniagaan. Bekerja sama dengan pengelola kawasan masing-masing.

 

Sejak pagi pukul 08.00, kendaraan-kendaraan roda empat yang melintasi Boulevard Bintaro Jaya, diarahkan oleh para petugas untuk melakukan uji emisi. Hasil uji emisi langsung diserahkan kepada para pengendara.

 

“Emisi menjadi salah satu polutan terbesar di wilayah Tangsel. Harapannya, dengan uji emisi ini untuk mengedukasi masyarakat agar emisi yang dikeluarkan masing-maisng kendaraan harus standar, dan tidak semakin mencemari lingkungan,” ujar Layli Khoirilla dari Bidang Pengendalian dan Pengawan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Tangsel.

 

 

Sebanyak 500 mobil menjadi target uji emisi pada masing-masing wilayah pengujian. Jika warga mau mengecek uji emisi secara reguler, bisa mengunjungi kantor Dinas Perhubungan Tangsel, di Jalan Raya Serpong KM 1. (Adv)

Berita Lainnya
Leave a comment