Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

5 Parpol Baru Serahkan Berkas di Tangsel

SERPONG-Masa pendaftaran berkas partai politik berakhir Senin (16/10) kemarin. Sampai hari terakhir, setidaknya ada lima parpol baru yang memiliki perwakilan di Kota Tangsel. Kelimanya, sudah mendaftarkan dan menyerahkan berkas syarat ke KPUD.

Kelima partai itu adalah, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda), Partai Berkarya dan Partai Islam Damai Aman (Idaman). Partai baru ini, termasuk mendaftar lebih awal ketimbang partai-partai lama atau yang memiliki perwakilan di parlemen.

Ketua Umum Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) Guntur Riswadi mengatakan, sebagai pendatang baru pihaknya berkeinginan kembali membangun Indonesia melalui sendi-sendi Pancasila. “Dengan harapan sila kelima menjadi sekala prioritas. Dan, kita gaungkan sehingga cepat melakukan perubahan,” ujarnya, kemarin.

Sekertaris Partai Garuda Fahri Arta Winata menambahkan, jika partainya lolos verfikasi faktual KPU,  di tahun 2019 target di Kota Tangsel memperoleh 6 kursi. “Kita selesaikan dulu tahapan sesuai dengan PKPU No 7 tahun 2017. yang penting lolos dulu, nanti kita lihat siapa kita,” ucapnya, seraya menyebut kepengurusan sudah sampai pada tingkat kecamatan.

Di hari terakhir pendaftaran berkas partai, KPUD Kota Tangsel cukup dibuat sibuk. Di hari terakhir ini, setidaknya ada empat partai yang menyerahkan berkasnya. Ketua KPUD Kota Tangsel Muhamad Subhan mengatakan, hingga Senin sore sudah sembilan partai menyerahkan dokumen persyaratan ke kantor KPU.

Adapun dokumen yang menjadi persyaratan antara lain adalah formulir F2 pertai politik, daftar nama keanggotaan partai dengan dilampirkan Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Tanda Anggota. “Jumlahnya harus sama antara data dan formulir pendaftaran yang bersumber dari Sistem Administrasi Partai Politik (Sipol),” ujarnya.

Dia menjelasksan, sebelum penyerahan masing-masing parpol harus mengisi data terlebih dahulu melalui Sistem Administrasi Partai Politik (sipol). Selanjutnya, data tersebut dicetak  menjadi formulir F2 Parpol yang berisi seluruh nama keanggotaan partai politik.

Dia menambahkan, jika dalam batas waktu Parpol belum juga menyerahkan berkas yang dipersyaratkan, maka dipastikan parpol tersebut tidak dapat melajutkan ketahapan verifikasi administrasi. “Mudah mudahan partai politik mempercepat kehadirannya datang ke KPUD Kota Tangsel,” tambahnya.

Pada hari terakhir kemarin, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) baru menyerahkan berkas pendaftaran, Ketua DPC PKS se-Kota Tangsel Agus Winarjo mengatakan, pihaknya bersyukur telah selesai menyerahkan dokumen persyaratan yang diminta oleh KPU. Selama penyerahan seluruh tim dari fraksi dan DPD PKS hadir.

“Berkas semua sudah lengkap. Penyerahan dibantu oleh teman-teman yang selama tiga hari ini bekerja keras. Alhamdulilah, usaha mereka sudah berhasil dengan baik sehingga diterima oleh KPU,” tambahnya, seraya menyebut formulir F2 berisi KTP dan 1.238 KTA yang diserahkan.

Dia mengatakan, persiapan menghadapi tahun 2019 mendatang pihaknya akan melakukan berbagai kegiatan antara lain, berkoordinasi dengan DPC dan struktur partai lainnya. Selain itu pihaknya sudah menyiapkan DPCAD yang akan disosiasliasikan untuk pembagian tugas persiapan Pemilihan 2019 mendatang.

Lebih lanjut, di tahun 2019 PKS Kota Tangsel  menargetkan delapan kursi dari lima kursi yang sudah diperolehnya. “Targetnya Serpong Utara mudah-mudahan bisa pecah telor, dan tambahan berikutnya dari Pondok Aren dan Pamulang,” tambahnya. (mg-6/esa)

Berita Lainnya
Leave a comment