Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Rasakan 3 Manfaat Yoghurt bagi Kesehatan Kulit dan Rambut

Yoghurt merupakan camilan sehat yang baik untuk pencernaan, selain banyak manfaatnya bagi kesehatan. Ternyata yoghurt juga memberi khasiat kecantikan mulai dari melembutkan kulit, mengangkat sel kulit mati, hingga menyehatkan rambut.

Manfaat yang pertama yoghurt dapat mengeksfloisasai atau sel kulit mati yang dapat membantu untuk meremajakan sel kulit mati.

“Produk dairy (berbahan susu) banyak sekali manfaatnya. Namun yang perlu diketahui, yoghurt punya beberapa kelebihan yang tidak dimiliki produk dairy lain. Pertama, membantu mencegah munculnya diabetes tipe 2. Kedua, kandungan probiotiknya melindungi kita dari bahaya logam berat yang terdapat dalam polusi udara. Ketiga, asam laktat di dalam yoghurt berfungsi sebagai agen eksfoliasi kulit,” papar ahli gizi Emilia E. Achmadi, MS, RD, dalam peluncuran yoghurt Greenfield di Jakarta, pekan lalu.

Menurutnya, jika ingin kulit selembut kulit bayi, rajin-rajinlah menggunakan yoghurt Yunani sebagai masker wajah. Cukup oleskan yoghurt Yunani ke wajah, dan diamkan 5-10 menit untuk mengangkat sel kulit mati.

“Kulit bayi dan anak kecil terasa lembut, karena sebelum umur 12 tahun sel kulit mereka otomatis terlepas. Sedangkan pada orang yang berusia lebih dari itu, sel kulit mati tidak secara otomatis terlepas. Kita membutuhkan eksfoliator, salah satunya produk yang mengandung asam laktat. Asam inilah yang membantu mengangkat sel kulit mati, salah satu penyebab utama kulit kusam,” terang Emilia.

Apalagi karena teksturnya lembut, sebagai eksfoliator, risiko yoghurt menyebabkan iritasi sangat rendah.

Menjaga Elastisitas Kulit

Selain mengatasi kulit kusam, yoghurt juga menjaga kelembutan dan elastisitas kulit. Kandungan protein di dalamnya mendorong produksi kolagen, yang berpengaruh pada elastisitas kulit.

“Tubuh kita bisa memproduksi kolagen, hanya saja kita memerlukan bahan mentah yaitu protein. Beberapa tahun terakhir saya selalu menggunakan masker yoghurt dan merasakan sendiri kulit saya lebih kenyal, dan lembut,” Emilia memberi contoh.

Mengatasi Rambut Rontok

Jika Anda mengalami kerontokan rambut, tak ada salahnya untuk rutin mengonsumsi yoghurt dan menggunakannya sebagai masker rambut 10 menit sebelum keramas. Kandungan asam laktat dalam yoghurt membantu untuk eksfoliasi dan mengangkat residu di kulit kepala. Sementara kandungan vitaminnya mencegah dan mengatasi beragam masalah rambut.

“Vitamin B6, B12, dan K di dalam yoghurt berfungsi mencegah berbagai penyakit mulai dari anemia, diabetes, obesitas, Parkinson sampai Alzheimer. Untuk orang-orang yang mengeluhkan kerontokan rambut serta beruban sebelum waktunya, yoghurt pun membantu mengatasi masalah seperti itu,” tutur Emilia.
Rambut rontok dan uban di usia muda, ia mengungkapkan, bisa terjadi akibat sistem pencernaan yang tidak berjalan semestinya.

Sumber : Tabloidbintang.com

Berita Lainnya
Leave a comment