Untuk Kepentingan Umum

GAP dan Banana Republic Cabut dari Singapura

18

Peritel pakaian asal Amerika Serikat, GAP dan Banana Republic, dipastikan tak lagi beroperasi di Singapura.
Kepastian itu diumumkan langsung oleh pengelola merek GAP dan Banana Republic di Negeri Merlion, yaitu FJ Benjamin.

“FJ Benjamin menutup dua sisa toko Banana Republic dan tiga toko GAP di Singapura pada akhir bulan ini, menyusul keputusan untuk tidak memperbarui franchise yang berakhir pada 28 Februari,” kata juru bicara FJ Benjamin.

Lantas apa penyebab GAP dan Banana Republic tumbang?

Amos Tan, pakar ritel dan pemasaran dari Singapore Polytechnic, mengatakan, kurangnya diferensiasi produk menjadi sebab GAP dan Banana Republic tereliminasi dari dunia ritel jiran Indonesia tersebut.
Belum lagi, kata Amos, persaingan ritel di Singapura semakin sengit. Utamanya, setelah peritel seperti Uniqlo terus melakukan ekspansi.

Uniqlo bisa menarik perhatian warga Singapura dengan harganya yang relatif kompetitif dan peluncuran produk baru yang simultan.

“GAP dan Banana Republic kurang memiliki identitas yang jelas. Tidak ada keunikan dalam produk mereka, baik dari segi desain maupun harga,” cetus Amos.

“Ini bukan kabar buruk bagi dunia ritel. FJ Benjamin hanyalah melepas merek yang berkinerja buruk dari portofolio bisnis mereka. Jika warga Singapura tidak menyukainya, maka hentikanlah operasionalnya,” tuntas dia.
Untuk diketahui, gerai GAP yang tersisa di Singapura, antara lain terletak di Suntec City dan Vivo City.

Sementara itu, Banana Republic memiliki toko di Paragon dan Marina Bay Sands.

Sebelumnya, menjelang akhir 2017, jaringan ritel GAP Inc. merilis kabar akan menutup sedikitnya 200 cabang GAP dan Banana Republic dalam kurun waktu tiga tahun ini.

Diperkirakan saat ini jumlah gerai GAP di seluruh dunia diperkirakan mencapai 2.000 cabang.

Pihak GAP Inc. menyebutkan, penutupan itu merupakan bagian dari langkah strategis perusahaan untuk mendongkrak kinerjanya. Penutupan utamanya diprioritaskan pada gerai yang penjualannya kurang bersinar. (kpg/firda)

Golkar Kota Tangerang
You might also like
Loading...