Untuk Kepentingan Umum

WNA Cuek Soal Administrasi Kependudukan

6

Sebanyak 120 warga negara asing (WNA) ikut pembinaan yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kecamatan Ciputat Timur, Tangerang Selatan Rabu.

“Kita mengajak Kantor Imigrasi Tangerang Raya, SatpolPP serta beberapa instansi lain. Kami melakukan pembinaan terkait dengan dokumen kependudukan mereka di sini,” ujar Kepala Bidang Pencatatan Kependudukan Disdukcapil Kota Tangsel Heru Sudarmanto usai pembinaan di Country Wood Cluster, Rengas, Ciputat Timur.

Kata dia, dari beberapa yang diperiksa ditemukan masib ada Warga Negara Asing (WNA) yang belum dilengkapi. Misalnya Surat Keterangan Tempat Tinggal yang sifatnya wajib dimiliki.

“Ya WNA rata-rata masih belum mengetahui bahwa SKKT itu wajib dimiliki. Tadi juga ada pasangan India yang berencanan tinggal selama dua tahun masih belum memiliki SKKT. Kita lakukan pembinaan, jika mereka harus segera membuatnya,” kata Heru.

Dia menambahkan WNA yang saat itu diperiksa kebanyakan merasa terkejut. Karena rombongan petugas datang bersamaan untuk menanyakan identitasnya.

“Ya awalnya mereka kaget, tapi nggak apa-apa. Semuanya lancar, mereka bersikap kooperatif dengan kami. Dan sepakat untuk melakukan pendataan dan membuat SKKT,” kata dia.

Sementara Fungsional Kantot Imigrasi Tangerang Zaqy Yusniar mengatakan kehadiran mereka merupakan bentuk upayanya dalam mengamankan wilayah Tangerang dari kejahatan internasional.

“Marak beberapa kasus yang memang ada imigran gelap. Itu yang kita khawatirkan. Makanya ketika Disdukcapil melakukan pembinaan. Kami ikut turun juga ke lapangan,” kata Zaqy.

Terakhir dia mengatakan jika seluruh WNA yang terdata akan dimintai dokumen kependudukannya lengkap. Setelah melakukan pemeriksaan dan pembinaan terhadap beberapa sampel. (den/firda)

Golkar Kota Tangerang
You might also like
Loading...