Untuk Kepentingan Umum

Hari Batik Nasional, Pemkot Perkenalkan Batik Neo Tangsel

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany menghadiri Festival Batik 2018 Tangsel, dalam acara tersebut, Pemkot Tangsel perkenalkan desain batik Neo Tangsel karya desainer Harry Darsono.

Wacana desain Batik Neo Tangsel diumumkan dalam Festival Batik 2018 yang digelar di aula lantai 4 gedung pusat pemerintahan kota Tangerang Selatan, Ciputat, Selasa (2/10/2018).

Momen Hari Batik Nasional dijadikan Pemerintah Kota Tangerang Selatan sebagai ajang untuk memperkenalkan Harry Darsono sebagai perancang busana yang akan mendesain Batik Tangsel bernama Batik Neo Tangsel.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Tangerang Selatan, Judianto mengatakan sengaja memilih nama Harry Darsono untuk membantu memasarkan batik neo tangsel.

“Kita bawa nama besar beliau untuk mendongkrak pemasaran batik tangsel,” katanya

Oleh karena itu, pihak Pemkot Tangsel menggandeng perancang ternama Harry Darsono untuk mengembangkan batik Tangsel.

“Justru nanti dari perspektif tren pasar dan tren mode harry darsono itu yang nanti akan dikombinasikan akar budaya batik tangselnya, itu nanti disebut batik neo tangsel, nanti langsung guratan tangan mas Harry sendiri,” jelas Judianto.

Wali Kota Tangerang Selatan pun berharap batik Tangsel bisa menjadi sebuah tren dan populer sampai ke tingkat internasional.

“Lebih luas lagi pemasasarannya tentu tak hanya di tangsel tapi di seluruh Indonesia dan internasional,” ujar Airin yang mengenakan batik Tangsel berwarna tosca dengan aksen bunga berwarna kuning.

Pengenalan batik neo Tangsel yang diciptakan oleh Harry Darsono akan dilakukan pada momen ulang tahun Kota Tangerang Selatan pada 26 November mendatang.

Perayaan Hari Batik Nasional ini dihadiri oleh Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie, Kepala Dinas Pariwisata Kota Tangerang Selatan Judianto, dan fesyen desainer Harry Darsono.

Acara dibuka dengan tarian Gebyar Batik yang yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan Kepala Dinas Pariwisata dan Wali Kota Tangerang Selatan.

Dalam sambutannya, Airin menekankan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Tangsel untuk menggunakan batik Tangsel sebagai bentuk pemasaran batik yang identik dengan warna tosca dan kuning itu.

“Saya berharap seluruh opd dan seluruh jajarannya menggunakan batik khas tangsel,” ujar Airin dihadapan para tamu undangan.

Para tamu undangan banyak berasal dari produsen batik, pengusahan properti, perbankan, dan pecinta batik.

Setelah memberikan sambutan, Airin yang mengenakan batik Tangsel dan Benyamin membatik didampingi Harry Darsono.

Acara dilanjutkan dengan Musical Talk Show bersama Harry Darsono. (den)

Berita Lainnya