Untuk Kepentingan Umum

Lion Air Tak Lagi Pakai Boeing 747-400

10
Ilustrasi

 

Maskapai penerbangan Lion Group secara resmi mengganti operasional pesawat boeing 747-400 registrasi pesawat PK-LHG dengan Air bus 330-900 NEO. Itu dilakukan karena pesawat BOEING 747 -400 telah memasuki masa pensiun karena telah dihunakan maskapai tersebut selama 10 tahun.

 

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, pesawat kategori berbadan lebar (wide body) ini merupakan satu-satunya armada yang dimiliki Lion Air berkonfigurasi dua kabin (double deck). Sejak dioperasikan 23 April 2009 oleh Lion Air, Boeing 747-400 memberikan pengalaman terbang berkapasitas 12 kursi kelas bisnis dan 492 kelas ekonomi.

 

“Lion Air sangat bangga mengoperasikan pesawat berjuluk “Queen of the Skies” dalam kurun waktu 10 tahun guna melayani penerbangan komersial di domestik seperti Soekarno-Hatta Tangerang, Medan Kualanamu, Batam, Surabaya, Denpasar dan Makassar, serta tujuan internasional ke Jeddah dan Madinah,” ucapnya Senin (25/3).

 

Menurutnya, pesawat Boeing 747-400 berperan sangat penting dalam perjalanan Lion Air karena memberikan kontribusi  positif baik dalam membawa penumpang maupun cargo.

 

Pesawat berbadan lebar Airbus 330-900NEO akan dikirimkan secara bertahap sesuai jadwal dan direncanakan tiba di Indonesia pada Mei 2019. Pada tahun ini, Lion Air akan menerima dua pesawat.”Lion Air pada 2018 telah memesan sepuluh (10) unit Airbus 330-900NEO dan memiliki opsi memperoleh empat pesawat sejenis. Kesepuluh pesawat dijadwalkan untuk pengiriman ke Lion Air Group pada 2019 dan 2020,” tambah pria berkacamata ini.

 

Untuk memaksimalkan penggunaan armada baru tersebut, sabung Danang, Lion Air sudah mempersiapkan dengan optimal yang berkaitan pengoperasian Airbus 330-900NEO, seperti sumber daya manusia (pilot, awak kabin, teknisi), layanan di darat (ground handling), pusat pelatihan dan hal-hal lain yang terkait. Terlebih, pesawat ini dikenal karena menawarkan lebih hemat bahan bakar dan jangkauan terbang lebih panjang.

 

Lion Air optimis dapat melayani berbagai sektor pasar hingga penerbangan yang membutuhkan waktu 15 jam, secara efisien bisa melayani sebagian besar rute penerbangan berkonsep tata letak kursi lorong ganda (double aisle)dengan fleksibilitas pengaturan kursi penumpang hingga 440. Selain itu, Airbus 330NEO menambah fitur utama dari kabin airspace, desain baru kompartemen bagasi kabin (overhead bin) yang memungkinkan lebih mudah mengatur dan menyimpan banyak barang bawaan di kabin.

 

Sekadar diketahui pengoperasian Airbus 330NEO akan melayani terbang langsung, antara lain penerbangan umrah non-stopdari Makassar ke Madinah, Balikpapan ke Jeddah, Surabaya ke Madinah, Solo tujuan Jeddah. Selain itu, Lion Air mempersiapkan ekspansi pasar wisata ke Asia Selatan, salah satunya di India. (firda)

Golkar Kota Tangerang
You might also like
Loading...