Kejar Target Pajak, Bapenda Dorong Kesadaran WP

oleh -

Jumlah wajib pajak (WP) pribadi maupun badan di Kota Tangsel sangatlah tinggi. Namun para wajib pajak nyatanya belum memiliki kesadaran untuk turut serta membayar pajak. Hasilnya penerimaan pajak di daerah dinilai masih kecil bila dibandingkan pada target tiap triwulannya yang selalu tidak tercapai.

Guna mendapatkan pajak lebih besar, Bidang pemeriksaan Pajak Daerah pada Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Tangsel berupaya meningkatkan penerimaan pajak daerah salah satunya melalui wajib orang pribadi atau badan. Kepala Bidang Pemeriksaan Pajak Daerah Cahyadi mengatakan, pihaknya terus mencoba memenuhi target pemerintah dalam meningkatkan pendapatan dari pajak.

Caranya dengan mendorong pertumbuhan penerimaan pajak daerah. Pengawasan serta memonitoring terhadap pelaporan terhadap WP pribadi yang belum melaporkan omset usahanya melalui e-STPD, bahkan upaya cek lapangan memastikan kondisi WP masih aktif atau tidak.

Jika omset bulanan masih belum dilaporkan melalui pelaporan e-SPTPD, maka Bapenda akan melakukan serangkaian pemeriksaan terhadap wajib pajak. Dengan basis data yang dimiliki, pemeriksaan bisa diselesaikan dalam waktu cepat sesuai jangka waktu yg diuraikan pada Peraturan Walikota Nomor 11 tahun 2018.

Dari pemeriksaan ini akan ada klarifikasi mengenai kewajiban mereka yang harus dipenuhi dengan melihat bagaimana respon dan perilaku dari WP tersebut.

“Targetnya bagaimana pemeriksaan ini mendorong wajib pajak patuh dalam membayar pajak. Yang kita periksa ini mereka yang terindikasi tidak patuh membayar pajak,” papar Cahyadi.

Ia menambahkan, data untuk pemeriksaan ini tengah berjalan dengan prioritas untuk wajib pajak parkir dan hiburan bila dilihat yang selalu tidak mencapai target tiap triwulannya. Dan saat ini distribusi surat Pemberitahuan Pemeriksaan ini sedang berjalan untuk disebarkan.

Kasi Pemeriksaan Pajak Wilayah III Fredy Firdaus optimstis dengan program yang dijalankan target yang dicanangkan akan tercapai. Apalagi jika melihat antusias masyarakat saat dilaksanakan sosialisasi. Nah, ini satu pertanda bahwa target yang bisa tercapai.

“Maka itu langkah-langkah yang sudah berjalan harus terus didorong supaya target bisa tercapai. Bila ini dapat terwujud tentunya akan mendorong kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Menurutnya, kesadaran sangat penting guna mendorong masyarakat untuk taat bayar pajak. Apalagi jika melihat trend yang kian positif. Ini baik supaya pendapatan asli daerah bisa terus meningkat. Hal itu tentunya sangat bagus dalam hal peningkatan capaian pemerintah kota.

“Hal itu yang mesti terus bisa kita lakukan supaya capaian PAD bisa benar-benar bagus,” ujarnya. (adv)

Share this...
Print this page
Print