Untuk Kepentingan Umum

Keren, Dinkes Tangsel Raih Swasti Saba Kota Sehat

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian bersama Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memberikan penghargaan Swasti Saba Kabupaten atau Kota Sehat Tahun 2019. Penghargaan ini diberikan kepada Kota dan Kabupaten yang sudah melaksanakan pelayanan kesehatan yang baik.

Kota Tangerang Selatan menjadi salah satu kota yang meraih penghargaan tersebut bersama dengan beberapa Kota dan Kabupaten lainnya.

Menurut Tito kesehatan adalah keadaan sehat baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Oleh karena itu, setiap orang berhak atas kesehatan dan atas lingkungan yang sehat sebagaimana menjadi amanat Undang-Undang Kesehatan.

Penyelenggaraan Kabupaten atau Kota Sehat merupakan kerjasama antara Pemerintah dan masyarakat secara harmonis, integrasi antar sektor untuk memenuhi kepentingan masyarakat dalam upaya promotif dan preventif agar masyarakat tetap sehat dan produktif,” katanya

Sementara, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany menjelaskan kesehatan merupakan isu strategis dan sentral dalam rangka mendukung program prioritas pembangunan nasional yang berkaitan dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), terutama dalam menghadapi bonus demografi.

Sehingga Pemkot Tangsel terus berupaya memberikan pelayanan yang maksimal di bidang kesehatan. Selain itu sebagai amanat Presiden RI untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dan sejahtera termasuk Pembina yang sehat dan sejahtera adalah di Kabupaten Kota tempat kita berada. ”Oleh karenanya kesehatan merupakan aspek yang penting untuk pembangunan SDM, terutama dalam menghadapi bonus demografi,” kata Airin yang mengutip kalimat Tito.

Plt Kepala Dinkes Kota Tangsel Deden Deni mengatakan, penghargaan ini menjadi cambuk jajarannya untuk bekerja lebih giat lagi agar predikat serupa bisa lagi direbut. Pihaknya berkomitmen untuk terus mewujudkan kota sehat yang merupakan awal dari terwujudnya sumber daya manusia yang mumpuni. Dengan daerah yang sehat tentunya akan tercipta SDM unggul sehingga bisa berkembang untuk kemajuan sebuah kota.

Sementara Berdasarkan hasil pleno antara Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan pada tanggal 15 Oktober 2019 bertempat di Kementerian Kesehatan dicapai kesepakatan untuk diberikan penghargaan kepada: 177 Kabupaten Kota yang telah lolos verifikasi dokumen dan verifikasi lapangan; 6 provinsi sebagai Tim Pembina Provinsi terbaik 3 orang sebagai influencer yang berdedikasi dalam penyelenggaraan KKS di tingkat provinsi. Termasuk Kota Tangsel.(adv)

Berita Lainnya