Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangerang Selatan Ads

Tingkatkan Minat Wirausaha, Dinkop dan UKM Gelar Studentpreneur

41

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop dan UKM) Kota Tangsel menggelar studentpreneur di Institut Teknologi Indonesia (ITI) Serpong, 2 Desember, lalu. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas UMKM dan minat UMKM pada usia remaja di Kota Tangsel. Caranya adalah dengan mendorong pengusaha-pengusaha pemula melalui program studentpreneur yang melibatkan sekolah maupun perguruan tinggi. Harapannya, sesudah mereka lulus tidak lagi mencari kerja, malah justru menciptakan lapangan kerja sendiri.

Kepala Dinkop dan UKM Kota Tangsel Deden Deni mengatakan, studentpreneur merupakan program untuk meningkatkan wirusaha generasi muda. Mereka didorong untuk menjadi pengusaha sejak usia belia. Bila ini terwujud tentu akan bisa membantu pemerintah dalam mengatasi kemiskinan ataupun pengangguran.

Dalam kegiatan studentpreneur ini para siswa diberikan pemahaman tentang berbisnis. Selain itu juga bagaimana memasarkan sebuah produk, mendistribusikan dan pengemasannya. Menurut Deden hal ini penting karena dengan tercipta pengusaha muda akan membantu pemerintah dalam hal peningkatan kesejahteraan.

“Ini yang akan terus kita dorong agar anak-anak muda memiliki pemikiran untuk berwirausaha. Yakni dengan berminat di usaha UMKM dan sejenisnya. Maka itu kita mengadakan studentpreneur,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan mendorong masyarakat ikut gabung dalam kegiatan perkoperasian atau anggota koperasi yang didalamnya ada pelaku UKM yang sudah berwawasan maupun jam terbang yang terlatih.

“Seperti kemarin itu kita masuk ke sekolah-sekolah, masuk perguruan tinggi. Hampir semua perguruan tinggi di Kota Tangerang Selatan sudah kita sentuh melalui program kegiatan studentpreneur. Itu target kita,” Jelasnya.

Sebagai contoh, pihaknya mengajak mahasiswa untuk berkoperasi. Juga mendorong membuka usaha sendiri. Mereka menjual produk dari market ke minimarket-minimarket maupun mahasiswa lainnya.

Tanpa modal mereka, Ia menegaskan, keuntungan yang didapat bisa untuk biaya sekolah sehingga dari ribuan mahasiswa ini tidak jadi drop out.

Deden optimis melalui koperasi dan pelaku UKM, tiap tahunnya bisa mencapai target. Apalagi sejauh ini, pihaknya tengah gencar menertibkan koperasi yang tidak sehat maupun sebaliknya.

Jadi dua program melalui UKM dan koperasi bisa terwujud dengan baik. Jika ini dapat sesuai target yang dicanangkan tentunya akan berdampak positif bagi perkembangan wirausah di Kota Tangsel.

“Kita ingin dengan kegiatan seperti studentpreneur akan membuat minat pelajar ataupun mahasiwa tertarik di dunia usaha. Ini yang kita mau. Makanya tiap tahun kegiatan tersebut menjadi salah satu program unggulan yang ada di Dinkop dan UKM,” ujarnya. (adv)

 

Golkar Kota Tangerang
You might also like
Loading...