Media sosial adalah layanan informasi berbasis online untuk membentuk suatu hubungan dan interaksi serta komunikasi ke sesama pengguna yang memungkinkan untuk memposting dari aktifitas dan segala jenis bentuk kegiatan yang dilakukan.
Dosen Universitas Pamulang Agung Tri Putranto, S.T., M.M menjelaskan, awalnya medsos digunakan untuk mencari teman, menyapa teman dari jarak jauh. Sekarang banyak dipakai mengenalkan produk atau barang yang akan menjadi pusat pemasaran online. Dalam media sosial saat ini juga banyak aplikasi berbasis bisnis, sehingga semakin memudah pelaku bisnis khusunya yang masih dalam usaha mikro untuk terus maju dan berkembang.
“Penggunaan media sosial semakin meningkat baik oleh individu maupun badan usaha dengan berbagai jenis ukuran mulai dari skala kecil hingga besar,” ujarnya, kemarin.
Maka itu, pelaku UMKM harusnya bisa memanfaatkan media sosial untuk kian mengenalkan produk yang dihasilkan. Meski begitu, ia menilai pelaku UMKM terhitung lamban dalam memaksimalkan penggunaa medsos untuk menghasilkan cuan.
“Permasalahan ini umumnya masih ada pada masyarakat di pelosok yang belum mengenal media sosial sebagai sarana dalam membantu aktifitas bisnis dan pemasaran online,” imbuhnya.
Maka itu, pihaknya mendorong agar pemanfaatan media sosial bisa terus dimaksimalkan. Hingga ke pelosok-pelosok agar pemerataan ekonomi bisa berjalan. Dirinya mengaku bersama tim PKM Dosen Manajemen Universitas Pamulang berkomitmen dengan perangkat Desa Antajaya untuk membangkitkan motivasi dan memberikan penyuluhan kepada generasi muda.
“Supaya menjadi pelopor dalam membangun ekonomi masyarakat melalui UMKM yang terfokus pada manajemen usaha di sektor pertanian, perkebunan, pariwisata melalui peran media sosial,” katanya.
Untuk menambah atau mendorong nilai jual dari potensi yang ada keberadaan media sosial sangat dibutuhkan terutama pada era digital saat ini. Medsos mempermudah untuk memperkenalkan potensi Desa Antajaya.
“Keuntungan lain yang didapat seperti bagaimana menjual hasil bumi dengan menggunakan media sosial akan sangat membantu dari segi bisnis. Faktanya media sosial ataupun media online banyak digunakan para pelaku bisnis dalam mencari pangsa pasar dan menjual produknya. Ayo manfaatkan medsos untuk pengembangan bisnis,” urainya. (rls)