Untuk Kepentingan Umum

Dosen Unpam Bagi Strategi Peningkatan Usaha Mikro ke Warga Ciampea Udik Bogor

RESPUBLIKA.ID – Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen S1 Universitas Pamulang (Unpam) Kota Tangsel membagikan bagaimana cara meningkatkan usaha mikro kepada masyarakat, pada 3 Maret 2024.

 

Cara tersebut dibagikan kepada masyarakat Ciampea Udik, Kabupaten Bogor, dalam rangka Pemberdayaan Kepada Masyarakat (PKM). 

 

PKM merupakan upaya atau proses untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kapasitas masyarakat untuk mengenali, menangani, memelihara, melindungi, dan meningkatkan kesejahteraannya sendiri. 

 

Pada kegiatan diskusi bertajuk ‘Strategi Komunikasi Dalam Pemberdayaan Usaha Mikro’, Warman selaku pembicara mengatakan, dalam mempercepat peningkatan pemberdayaan usaha mikro diperlukan komunikasi yang baik dari Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul sebagai pelaku usaha. 

 

Sebab, kata para narasumber, SDM yang unggul dipandang sebagai kunci kemajuan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang mampu memenangkan persaingan global dan berkompetisi sehat untuk meraih kesuksesan. 

 

“Dalam hal ini dipandang sebagai  kunci kemajuan UMKM adalah SDM yang unggul, yang bisa memenangkan persaingan global diantaranya pekerja keras, menguasai keterampilan ilmu pengetahuan masa kini dan masa depan, selain tetap berbudi pekerti yang luhur, berkarakter kuat, jujur dan berakhlak mulia,” kata Warman. 

 

Pada diskusi itu banyak kalangan pengusaha muda yang menjalankan usaha mikro menanyakan bagaimana usaha yang ditekuninya dapat terus berjalan dengan digitalisasi. 

 

Menurut para narasumber, untuk menciptakan usaha berkelanjutan, kegiatan bisnis harus senantiasa diikuti oleh penyusunan rencana strategis dan juga mampu bersaing dalam perekonomian yang terus cepat berkembang.

 

Selain itu, pelaku usaha juga seharusnya membuka diri dengan perkembangan zaman dan mengikuti pelatihan pelatihan digitalisasi seperti media sosial yang kini digunakan sebagai alat pemasaran. 

 

“Untuk usaha berkelanjutan, di zaman ini pelaku usaha harus mengerti media sosial untuk marketing dan menjaga kualitas serta mampu bertahan dalam segala fluktuatif ekonomi, serta mempunyai jejaring dan banyaknya silaturahmi,” Pungkasnya. 

 

Diketahui, Kelompok PKM Dosen Unpam Fakultas Ekonomi dan Bisnis,  Prodi Manajemen-S1 diketuai oleh Ma’fiyah, S.Pd.I., M.Pd.I. dan anggota Dr. Drs. H. Warman,. MM, serta Sheila Ardilla Yughi, SE., M.Si.

 

Kegiatan diskusi bertema ‘Strategi Komunikasi Dalam Pemberdayaan Usaha Mikro’ itu dihadiri oleh aparat desa Ciampea Udik beserta jajaran, Ketua PKK, Karang Taruna, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan para wirausaha setempat.

Berita Lainnya
Leave a comment