Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Sekolahnya Mau Digusur, Ratusan Alumni Berdemonstrasi

Sekitar 500 alumni SMPN 1 Kosambi lintas angkatan menggelar aksi menolak sekolah tersebut direlokasi oleh Pemkab Tangerang, Minggu (17/12/2017).

Aksi berlangsung sejak pukul 09.00 WIB di area sekolah yang berlokasi di Jalan Raya Salembaran, Desa Cengklong, Kosambi. Menggunakan ikat kepala bertuliskan “Tolak Relokasi SMPN 1 Kosambi”, mereka berorasi dan membubuhkan tanda tangan di atas kain sebagai bentuk penolakan atas rencana relokasi sekolah tersebut.

Sekretaris Jenderal Ikatan Alumni Lintas Angkatan SMPN 1 Kosambi, Ubaedillah mengatakan rencana relokasi sekolah oleh pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang tidak memiliki dasar yang kuat, karena tidak subtansi masalahnya.

“Mereka tidak memberikan alasan yang logis secara akademik soal rencana relokasi, sehingga kami menolaknya,” ujarnya.

Ia menjelaskan, jika alasan relokasi sekolah karena berada di lokasi dekat pergudangan, semestinya harus digarisbawahi bahwa sekolah berdiri tersebut berdiri lebih awal dibandingkan bangunan pergudangan.

“Sekolah ini ada sejak tahun 1985, jauh sebelum dikelilingi pergudangan, menurut kami, kepentingan pendidikan jangan dikalahkan oleh industrialisasi,” tegasnya.

Lokasi sekolah yang berdiri di atas lahan seluas 6.686 meter persegi itu juga sangat strategis, karena memiliki akses jalan yang baik, selain itu fasilitas sekolah juga relatif sudah lengkap yang mendukung kegiatan belajar mengajar (KBM).

“Siswa serta guru pun merasa nyaman melakukan aktivitas KBM,” imbuhnya.

Sementara kalau pilihan pihak Dinas Pendidikan akan merelokasi sekolah, ia mengingatkan rencana tersebut akan menyedot anggaran APBD Kabupaten Tangerang yang tidak sedikit, karena harus menyiapkan lahan serta kebutuhan fisik bangunan lainnya.

“Sekolah ini juga letaknya dekat dengan pemukiman padat penduduk, memudahkan siswa menjangkau lokasi sekolah,” tukasnya.

Tampak dalam aksi tersebut, hadir juga Darmo Kepala Desa Salembaran, Pinan Kepala Desa Cengklong, Prayogo Ketua Forum Alumni SMPN 1 Kosambi Lintas Angkatan, serta Napsin anggota DPRD Kabupaten Tangerang yang juga alumni sekolah tersebut.

Diketahui, Disdik Kabupaten Tangerang berencana merelokasi SMPN 1 Kosambi karena lokasinya berada diantara pergudangan di sekitar Desa Salembaran dan Desa Cengklong.

Sekolah tersebut menjadi dikenal publik pasca terjadinya kebakaran pabrik kembang api dilokasi itu yang menewaskan puluhan pekerjanya serta puluhan korban luka lainnya. (rr/firda)

Berita Lainnya
Leave a comment