Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Hun Sen Ingin Berkuasa 40 Tahun

Perdana Menteri Kamboja Hun Sen rupanya menikmati kekuasaannya. Ia pun ingin menambah lagi kuasanya hingga 10 tahun. Jika ini bisa terwujud, Hun Sen sudah berkuasa 40 tahun.

“Saya sudah menyatakan bahwa saya akan terus menjadi perdana menteri tidak kurang dari 10 tahun. Pada 2028 saya akan pensiun, ” kata Hun Sen.

Hun Sen menyiratkan tentang pemerintahannya akan meluas bahkan melebihi periode itu dalam pidatonya kepada buruh pabrik pada Rabu, 7 Maret 2018.

Perdana Menteri yang telah berkuasa 30 tahun itu kemudian mengucapkan terima kasih kepada para pendukungnya yang selalu mendoakannya agar dia bahagia dan berumur panjang.

Dia juga meminta agar warga Kamboja memberikan suaranya untuk Partai Rakyat Kamboja atau CPP dan membantu dirinya tetap berkuasa.

Pendiri CNRP dan saingan utamanya, Sam Rainsy juga telah dikriminalisasi, sehingga menutup peluangnya untuk mencalonkan diri menjadi perdana menteri Kamboja.

Setelah menyapu bersih kursi pada pemilu legislatif 25 Februari 2018, CPP mencoba meyakinkan masyarakat soal keuntungan satu partai berkuasa dan mayoritas. CPP menceritakan kesuksesan Cina sebagai contohnya.

Pemilu Kamboja yang diikuti oleh empat partai, dimenangkan CPP dengan mendapat 58 kursi dari total 62 kursi yang diperebutkan. Dengan raihan ini, maka CPP hampir dipastikan mengendalikan banyak sektor di Kamboja dan meningkatkan jumlah kursi di Dewan Nasional. (tmp/firda)

Berita Lainnya
Leave a comment