Untuk Kepentingan Umum

Buka TMMD ke-102 di Cisoka, Pangdam Jaya Ingatkan Pentingnya Gotong Royong

Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Joni Supriyanto melakukan peletakan batu pertama pembangunan jalan di Desa Bojong Loa, Cisoka, Tangerang, Selasa (10/7/2018)

Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Joni Supriyanto meresmikan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 di Desa Bojong Loa, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, Selasa (10/7/2018).

Didampingi Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Tangerang Komarudin, jajaran Korem 052/Wijayakrama dan Kodim 0510/Tigaraksa, Mantan Wakil Kepala Badan Intelijen Strategis (Bais) TNI itu melakukan peletakan batu pertama pembangunan jalan di desa tersebut.

Di lokasi itu, TNI akan melakukan kegiatan fisik dan non fisik. Kegiatan fisik berupa pembangunan jalan sekitar satu kilometer, sedangkan kegiatan non fisik yakni pendampingan peningkatan kapasitas masyarakat untuk menangkal berbagai persoalan sosial, seperti kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkotika.

“TMMD ini selain kegiatan fisik, juga kegiatan non fisik, yang terpenting gotong royong, bagaimana kita bekerja sama dengan masyarakat untuk membangun wilayahnya,” ujar Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Joni Supriyanto.

Dikatakannya, TMMD merupakan program sinergitas antara TNI dengan pemerintah daerah serta masyarakat setempat. Sehingga, gotong royong yang menjadi ciri khas masyarakat Indonesia menjadi pondasi keberhasilan program yang berlangsung selama 30 hari tersebut.

“Pemerintah daerah dan tentara serta institusi lainnya harus bersama-sama mengentaskan permasalahan di lingkungannya. Karena tidak ada permasalahan yang bisa kita selesaikan sendiri, harus bersama-sama,” tambahnya.

Pria kelahiran Ngunut, Playen, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta itu pun meyakini, gotong royong menjadi solusi untuk mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat pedesaan. Dengan bersama bahu membahu, program itu pun diharapkan dapat meningkatkan kualitas infrastruktur dan kehidupan sosial masyarakat setempat.

“Kita harapkan, semua stakeholder bersama-sama untuk bahu membahu di kegiatan TMMD ke-102 ini,” tukasnya.

Dalam pembukaan kegiatan itu, turut digelar bakti sosial berupa santunan kepada anak yatim piatu, donor darah, bazar sembako murah dan pengobatan gratis.

Berita Lainnya
Leave a comment