Untuk Kepentingan Umum

Cegah Batu Ginjal dengan Meminum Jus Cranberry

4
ilustrasi

Seseorang yang berurusan dengan gejala batu ginjal jelas sangat menyakitkan dampaknya. Pekerjaan jadi terganggu, begitu juga dapat mengurangi menikmati makan beragam jenis masakan.

Saat muncul batu ginjal kecil dapat dipicu karena seringnya dehidrasi, obesitas, alergi, defisiensi mineral atau diet dengan oksalat tinggi.

“Penyakit ini mempengaruhi baik pria maupun mur, mulai dari usia 5 tahun,” kata Konsultan Ahli Urologi dari Hiranandani Hospital Dr Submit Mehta.

Adapun gejala dari munculnya Batu ginjal sama seperti dengan gangguan kandung kemih. Seseorang dapat saja mengalami rasa yang menyakitkan. Seperti nyeri perut dan punggung bawah yang parah yang bergerak ke daerah selangkangan. Saat kencing, aliran kemih juga bisa terganggu, sehingga rasanya tidak plong. Ditambah demam dan muntah, perubahan warna urin dan risiko gangguan pencernaan.

Pemicunya disebabkan karena dehidrasi, kerap konsumsi makan instan, jarang olahraga, sering menahan kencing dan sebagainya. Namun untuk mengurangi gejalanya, ada tips yang bisa Anda lakukan agar tidak berdampak buruk. Berikut tipsnya lebih lanjut yang harus Anda simak.

Kompres dengan minyak jarak

Rendam handuk kecil, lalu tambahkan dengan minyak jarak. Tempelkan di bagian ginjal Anda paling tidak tiga kali sehari. Pastikan lakukan trik itu dalam kondisi nyaman dan nyeri akibat batu ginjal tidak kambuh.

Minum banyak air putih

Asupan air putih sangat cocok untuk menjaga kesehatan ginjal. Termasuk juga menurunkan risiko munculnya batu ginjal. Anda juga dapat menyelingi minum air putih dengan air infus buah-buahan, teh rempah, dan sebagainya agar bervariasi.

Minum jus cranberry

Jus cranberry mengandung tinggi antioksidan. Fungsinya dapat mengeluarkan asam urat berlebih dari tubuh. Tentu dampaknya menurunkan risiko batu ginjal karena kadar oksalat dan kalium yang rendah. Setidaknya rata-rata Anda harus minum 400 miligram ekstrak cranberry dua kali sehari, agar dapat manfaatnya.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.