Untuk Kepentingan Umum

Penduduk Kecamatan Kibin, Serang Didominasi Perempuan

198
Kabid Pengendalian Penduduk pada Perwakilan BKKBN Banten Budoyo (tengah) saat Sosialisasi Pengendalian Penduduk di Ciagel Timur, Kecamatan Cikeusal, Kabupaten Serang, Selasa, (4/12/2018).

Kibin salah satu kecamatan di Kabupaten Serang. Dengan luas 28,32 kilometer persegi, Kecamatan Kibin dihuni 71.595 jiwa penduduk pada tahun 2017. Namun dari angka tersebut, 42.278 jiwa adalah perempuan, sementara penduduk laki-laki hanya 29.317 jiwa.

Hal itu terungkap dalam kegiatan Sosialisasi Pengendalian Penduduk yang dihelat Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Banten di Sanding, Kecamatan Petir, Kabupaten Serang, Selasa (4/12/2018).

Diungkapkan Kepala Bidang Pengendalian Penduduk pada Perwakilan BKKBN Banten Budoyo, fenomena tersebut karena di Kibin terdapat industri padat karya.

“Disinyalir, karena banyak tenaga kerja perempuan, sehinggga jumlah penduduknya lebih banyak perempuan,” ujarnya.

Lanjut Budoyo, berdasarkan data statistik BPS Kabupaten Serang, berrdasarkan rasio jenis kelamin, Kecamatan Kibin yang memiliki nilai sex rasio dibawah 100 yaitu 69 yang berarti terdapat 69 penduduk laki-laki untuk setiap 100 penduduk perempuan.

Sementara, berdasarkan sebaran penduduk, jumlah penduduk perempuan terbanyak berada di desa Tambak, dimana dengan totla 15.896 jiwa, jumlah penduduk perempuan mencapai 11.558, sementara laki-laki 4.338 jiwa.

“Di Tambak memang ada beberapa industri padat karya dimana pekerjanya mayoritas perempuan. Penduduk tersebut sebagian besar adalah migrasi,” tambahnya.

Dengan angka tersebut, kata Budoyo, maka perlu ada kebijakan untuk meningkatkan pelayanan kepada kaum perempuan, terlebih dalam pelayanan kesehatan reproduksi dan keluarga berencana.

“Kecamatan Kibin perlu intervensi kebijakan yang lebih berpihak kepada kelompok perempuan, karena penduduknya didominasi perempuan,” tukasnya.

Golkar Kota Tangerang
You might also like
Loading...