,

Begini Cara Perusahaan Rayakan Hari Pelanggan Nasional

oleh -
TANGERANG– Perayaan hari pelanggan nasional semarak dilaksanakan di berbagai wilayah di Kota Tangerang. Pusat perbelanjaan hingga Badan usaha pun berlomba lomba memanjakan pelangggan pada even tahunan tersebut.
Dipusat perbelanjaan TangCity Mall, para pengunjung dimanjakan dengan berbagai program menarik yang telah dipersiapkan oleh menejemen khusus pada tanggal 4 September. Pengunjung berhak mendapatkan hadiah menarik. ” Untuk 200 orang pertama yang berbelanja dengan nominal tertentu berhak mendapatkan hadiah menarik,” ujar Promo and Even Meneger Tangerang City Mall Cornelia Agnes nya ketika ditemui, Rabu (4/9/2019).
Untuk memperoleh hadiah tersebut, sambung Agnes, pengunjung yang belum menjadi anggota smart shopper cukup berbelanja minimal Rp 300 ribu untuk mendapatkan tumber cantik. “Jika sudah menjadi anggota, pengunjung cukup bertransaksi senilai Rp 200 ribu untuk mendapatkan hadiah tersebut,” tambahnya.
Di Bandara Soekarno Hatta, peringatan hari pelanggan dilakukan dengan berbagi kasih dengan disabilitas. Penyandang disabilitas, nantinya akan bekerja di terminal penumpang pesawat tepatnya sebagai personil Information Center, Customer Service, atau iMate Lounge (i-Millennial Airport Travel Experience Lounge)​. Terdapat 4 orang penyandang disabilitas melakukan kunjungan ke Terminal 2 dan 3 untuk mengetahui standar pelayanan kepada penumpang di Soekarno-Hatta.
Setelah kunjungan ini, selanjutnya akan dibahas lebih lanjut terkait tugas pokok dan fungsi mereka dalam bekerja di terminal.
SVP of Corporate Secretary & Legal PT Angkasa Pura II (Persero) Deni Krisnowibowo mengatakan, pada tahap awal ini perseroan akan merekrut 5 orang penyandang disabilitas.  “Dalam waktu dekat kami akan merekrut penyandang disabilitas dan rencananya mereka akan ditugaskan sampai akhir tahun. Selanjutnya kami akan menawarkan kepada mereka untuk bergabung bersama AP II​. “​Penyandang disabilitas seharusnya memiliki kesempatan yang sama untuk bisa bekerja di sektor pelayanan publik, dan kami berharap semangat yang tumbuh di Soekarno-Hatta ini bisa menyebar ke tempat lainnya,” jelas Deni Krisnowibowo.
Salah satu penyandang disabilitas yang berkunjung hari ini ke Terminal 3 Soekarno-Hatta adalah Catur Sigit Nugroho yang saat ini menggunakan kursi roda, di mana beliau saat ini juga bekerja di Kementerian Perhubungan. Catur Sigit Nugroho mengatakan, fasilitas yang ada di Soekarno-Hatta sudah memadai bagi para penyandang disabilitas untuk bekerja di sini.
“Saya bisa menginformasikan kepada teman-teman disabilitas, kalau fasilitas di sini [Soekarno-Hatta] sudah memadai bagi para penyandang disabilitas untuk bekerja di sini,” jelasnya.
Catur juga mengapresiasi Angkasa Pura II yang memiliki rencana untuk merekrut pegawai peyandang disabilitas. “Kebetulan Angkasa Pura II meminta kami untuk membantu pemetaan, mapping guna merekrut karyawan disabilitas,” jelas Catur Sigit Nugroho.
VP of Airport Global Service Angkasa Pura II Anindita Galuh Wardhani menuturkan penyandang disabilitas dapat berkontribusi pada keberagaman yang bisa meningkatkan pelayanan kepada para penumpang pesawat di terminal​. “​Penyandang disabilitas membutukan kesempatan bekerja, yang terkadang sulit mereka dapatkan. Di Bandara Soekarno-Hatta fasilitas sudah sangat mendukung bagi penyandang disabilitas untuk bekerja penuh waktu, karena itu kesempatan kerja pun harus dibuka​,” imbuhnya.  “Kami meyakini standar pelayanan di Soekarno-Hatta akan semakin meningkat dengan bergabungnya penyandang disabilitas sebagai personil frontliners kami,” ​tambahnya.
​Sementara itu, bertepatan dengan hari pelangan, maskapai Garuda Indonesia  melaksanakan kegiatan “Sapa Pelanggan” . Seluruh jajaran direksi membagikan  souvenir kepada penumpang GA 830 rute Jakarta – Singapura di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta.
Selain ​itu, Garuda Indonesia juga memberikan kejutan kepada dua orang penumpang ekonomi GA 830 berupa kesempatan untuk dapat menikmati layanan kelas bisnis Garuda Indonesia.
Direktur Utama Garuda Indonesia, Ari Askhara mengatakan​, dalam menjalankan bisnisnya, Garuda Indonesia selalu menitikberatkan perhatian kepada penumpang sebagai bagian penting dari keberlangsungan perusahaan.
“Bagi Garuda Indonesia, pelanggan merupakan sumber kekuatan dan semangat dalam menjalankan tugas. Kami menyadari bahwa kesempurnaan layanan dan kepuasan pelanggan merupakan salah satu strategi terkuat dalam bertahan pada situasi industri yang kian kompetitif seperti sekarang ini.” ​ujar ​ Ari.
Ari berharap pelaksanaan kegiatan tersebut dapat memberikan nilai tambah bagi pengguna jasa terlebih mengingat bahwa Garuda Indonesia senantiasa terbuka untuk terus berinovasi memenuhi ekspektasi dan masukan dari para pengguna jasa. “Peringatan Hari Pelanggan ini merupakan momen yang tepat untuk memberikan apresiasi secara langsung kepada pengguna jasa sekaligus untuk mendapatkan “insight” baru dalam upaya peningkatan layanan perusahaan,” pungkasnya.(panda)
Share this...
Print this page
Print