Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Permudah Pegawai Berzakat, Pemkot Keluarkan SK UPZ

TANGERANG – Surat Keputusan (SK) mengenai Unit Pengumpul Zakat (UPZ) diserahkan Pemerintah Kota Tangerang ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tangerang. Upaya tersebut dilakukan guna menggordinir zakat bagi seluruh pegawai di 13 kecamatan yang akan dilakukan setiap bulannya.

Ketua Badan Amil Zakat Kota Tangerang H.M. Aslie Elhusyairy, S.Ag. mengatakan, adanya SK tersebut berdampak positif bagi pembangunan di Kota Tangerang. Khususnya, bagi pegawai yang ingin menyalurkan kewajiban berzakat. “Alhamdulillah, dengan ini tidak tidak ada lagi yang menghalangi untuk berbuat baik walaupun sedang berada di tengah pandemi covid 19,” ujarnya seusai penyerahan santunan 2.500 yatim di kantor MUI Kota Tangerang, Jumat (28/8/2020).

Aslie mengatakan, alokasi zakat untuk yatim tahun ini mengalami kenaikan. Dimana, dari 2.600 yatim pada tahun 2019 kini menjadi 3.500 orang. Khusus tahun ini, alokasi zakat dibagi menjadi dua termin. Yang pertama dilakukan pada Jumat 28 Januari sebanyak 2.500 orang dan sisanya dilakukan seminggu kemudian dengan penyalkurannya dilakukan secara door to door. “Petugas penyalur mendatangi langsung rumah yatim untuk menyalurkan bantuan. Bagi yang belum dapat silahkan dapat menghubungi petugas penyalur di kecamatan,” tambahnya.

Aslie beharap, program tersebut dapat membantu pemerintah Kota Tangerang menekan tingkat putus sekolah. “Jangan sampai ada anak – anak di Kota Tangerang putus sekolah. Saya optimis dengan UPZ berzakat dapat menjadi gaya hidup bagi pegawai dan masyarakat Kota Tangerang secara umumnya,” tambahnya.

Data yang diperoleh, pemasaukan zakat bulan Agustus yang profesi telah mencapai 167 juta, sedangkan dari program Tangerang bersodaqoh 599 juta dan bantuan dari Walikota Tangerang Rp 100 juta.

Asisten Daerah Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Kota Tangerang Indri Astuti mengatakan, kegiatan awal tahun baru islam ini dapat menjadi momentum bagi para pegawai untuk bergotong royong. “Program ini harus menjadi kebiasaan dan tetap terjaga untuk menambah keberkahan,” pungkasnya.

Berita Lainnya
Leave a comment