Untuk Kepentingan Umum

Hasil Rapid Test, Ratusan ASN Tangsel Reaktif Covid 19

Sebanyak 120 Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Tangsel dinyatakan reaktif Covid 19.

Hal itu diketahui dari hasil rapid test yang dilakukan Dinas Kesehatan setempat beberapa waktu lalu.

“Dari 32 OPD yang ada di Kota Tangsel dinyatakan bahwa staf atau pegawainya sebanyak 120 orang menunjukkan hasil reaktif pada rapid tes yang dilakukan beberapa waktu lalu,” kata Pj Sekretaris Daerah Kota Tangsel Bambang Noertjahjo dalam keterangan tertulis, Senin (28/9/2020).

Dari 120 ASN , Bambang menuturkan, rincian reaktif Covid adalah 42 orang dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat, pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB), 6 Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), 15 Dinas Perhubungan (Dishub) dan 3 pegawai Pemadam Kebakaran (Damkar).

Menyokapi haltersebut, kata dia, saat ini Pemkot Tangsel sedang mengupayakan Tes Swab PCR untuk mengetahui apakah ASN yang dinyatakan reaktif, positif terpapar Covid-19.

“Pemerintah sedang mengupayakan Tes Swab PCR yang diperlukan untuk mengetahui apakah ASN tersebut positif terpapar Covid-19,” pungkas Bambang.

Sementara, Sekretaris Dinas Kesehatan, Alin Hendarlin Mahdaniar mengatakan Pihaknya terus berupaya menyediakan fasilitas pelayanan swab tes untuk ASN yang dinyatakan reaktif.

“Dari data yang berhasil kami peroleh memang ada 120 yang reaktif. Saat ini kita sedang mengupayakan swab PCR tes sebagai tes lanjutan untuk memastikan apakah mereka tidak terpapar dari Covid-19,” katanya.

Alin menambahkan, swab tes sebenarnya bisa dilakukan di setiap puskesmas. Yang mana, kata dia, hasilnya nanti bisa dikaji di laboraturium Kesehatan Daerah.

“Namun dikarenakan jumlah pengajuan yang sangat banyak, bahwa Swab PCR test akan memakan waktu lama,” pungkasnya. (ari)

Berita Lainnya
Leave a comment