Untuk Kepentingan Umum

Medsos jadi Tempat Berkreativitas, Dosen Unpam: Banyak Peluang Bisnisnya, Loh

Para dosen Universitas Pamulang (Unpam) mengadakan seminar dengan tema “Pemanfaatan Media Sosial untuk Kreativitas, Peran Media Sosial dalam Menunjang Kreativitas” di Pondok Pucung, Pondok Aren, kemarin. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Organisasi Anak Rimba Bintaro (Arimbin).

Salah satu pemateri, Rahadyan Tajudin, S.E., M.M menggugah para pemuda senantiasa memiliki sikap yang cerdas dan berkarakter dalam menyongsong kehidupan yang semakin rumit pada era rovolusi industri tahap ke empat dan lima dewasa ini.

“Pada era revolusi industri tahap 1, yaitu mekanisasi, tenaga manusia digantikan mesin uap  1780-1850, lalu era Revolusi Industri Tahap 2, yaitu elektrifikasi, tenaga manusia digantikan mesin assembly lines  1870-1914, lalu Era Revolusi Industri Tahap 3, yaitu otomasi dan globalisasi. Tenaga manusia digantikan komputer & elektronik 1970-2010. Selanjutnya pemuda harus mempersiapkan diri menghadapi Era Revolusi Industri tahap 4, yaitu digitalisasi. Tenaga manusia digantikan artificial intelegent  2011-sekarang, selanjutnya saat ini juga beriringan Era Revolusi Industri tahap 5, yaitu society & spiritual, memanusiakan manusia, berkolaborasi dengan teknologi,” terangnya

Ia juga menyoroti jumlah entrepreneur di Indonesia yang kalah dibandingkan negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Thailand. Pemuda harus dapat berkolaborasi dengan teknologi menciptakan kreativitas yang bermanfaat, memiliki nilai guna bagi masyarakat dalam memanfaatkan media sosial.

“Dalam mengembangkan kreativitas dan agar dapat memanfaatkan media sosial dengan positif dan semaksimal mungkin maka sebelumnya kita harus mengetahui jenis-jenis media sosial dewasa ini,” jelasnya

Rahadyan menjelaskan bahwa jumlah pengguna media sosial terus meningkat, dan juga banyak platform media sosial terus bermunculan. Hal tersebut merupakan suatu saluran yang dapat dijadikan sebagai peluang yang dapat dimanfaatkam oleh para pemuda untuk menjadi entrepreneur.

“Media sosial membawa perubahan gaya hidup dalam berinteraksi antar manusia, media sosial salah satu alat yang cukup efektif untuk meningkatkan citra brand atau memperkuat branding,” terangnya.

Kata dia, dengan sosial media dapat memperluas jangkauan,lebih dekat dengan pelanggan, mempermudah beriklan.  Maka itu, harus memaksimalkan setiap peluang yang ada, untuk mendapat kesempatan terbaik. Selalu berusaha untuk menciptakan peluang dan kesempatan. Selalu berbaik sangka, mengharapkan yang terjadi adalah hal-hal yang baik (optimis).

“Kita jadi tahu cara meningkatkan jumlah follower & subscriber di sosial media, di antaranya kita harus mengetahui siapa audien. Bagaimana membangun hubungan emosional dan melibatkan audiens. Kami berharap  acara seperti ini semakin banyak dari unpam” terang Isam, salah satu anggota Arimbin. (rls)

Berita Lainnya
Leave a comment