Untuk Kepentingan Umum

Panen Melon & Jagung, Zaki Ajak Warga Berkebun

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar melakukan prosesi panen buah-buahan yang ditanam petani di Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Rabu (23/1/2019).

Di lokasi itu, setidaknya ada dua jenis buah-buahan yang ditanam, yaitu melon dan jagung.

Dikatakan Zaki, wilayah yang terletak di utara Kabupaten Tangerang itu merupakan wilayah pesisir yang berpotensi di bidang pertanian how, kata dia,  Pemkab Tangerang akan mulai menggalakan pertanian di tahun 2019, karena ketahanan pangan merupakan fokus RPJMD Kabupaten Tangerang.

“Ketahanan pangan di Kabupaten Tangerang bukan hanya sawah dan padi lagi, tapi juga sayur-mayur buah-buahan dan produk holtikultura yang lain menjadi varietas unggulan,” ungkap Zaki.

Zaki juga mengakui, jika saat ini luas lahan semakin terbatas, namun ia menekankan lahan yang terbatas itu bisa dimaksimalkan pemanfataannya untuk produktivitas yang tinggi dan efisien.

Ia juga berharap, kehadiran pertanian holtikultura di Teluknaga ini dapat membantu kebutuhan warga Kabupaten Tangerang. Karena, kata dia, populasi penduduk di wilayah utara Tangerang terus bertambah sehingga sektor pertanian diharapkan dapat mengurangi jumlah pengangguran.

“Mudah-mudahan penen kita di hari ini dapat menjadi inspirasi buat anak muda lainnya agar semangat berkebun dan bercocok tanam di wilayahnya masing masing, Ayoo berkebun” seru Zaki.

Sementara Bagas, petani asal Teluknaga mengatakan kunjungan Zaki ke lokasi itu until kesekian kalinya. Ia pun merasa bangga karena orang nomor satu di Kabupaten Tangerang itu sangat memperhatikan pertanian hortikultura.

“Kemarin beliau kesini untuk melaksanakan panen sayur kangkung bersama. Ada 30 jenis sayur-sayuran dan buah-buahan, kurang lebih 20 ton perbulan. Kita juga sudah kirim untuk ekspor ke Hongkong,” kata Bagas.

Berita Lainnya